Thursday, September 8, 2011

ENTING-ENTING GEPUK



Kalo ada satu makanan yang mengingatkan saya pada masa kecil, Enting-enting Gepuk adalah satu di antaranya. Buat yang tinggal di daerah Jawa Tengah pasti sudah gak asing sama makanan ini. Tapi buat saya yang lahir dan besar di Sumatera, makanan ini hanya saya dapatkan kalo diajak orang tua mudik ke jawa atau kalo ada kerabat yang bawain oleh-oleh sepulang dari sana.
Kalo saya disuruh mendeskripsikan makanan ini dalam satu kata, saya akan jawab: Simbah. Simbah artinya kakek/ nenek dalam bahasa jawa. Setiap lihat Enting-enting Gepuk otak saya otomatis me-rewind perjalanan mudik saya ke rumah Simbah, main di blumbang (kolam mandi), main di sawah, kalkun gede-gede yang dipelihara Simbah, Mesjid Agung Purworejo, alun-alun dan pasar malamnya.. Wah, jadi kangen..
Enting-enting Gepuk yang kali ini, adalah oleh-oleh dari adik saya yang lebaran lalu mudik ke kampung halaman mertuanya di Purwokerto.




No comments:

Post a Comment